Kumur-kumur/Kekemu



اللهم أعنى فمى ولسانى على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك
ALLOHUMMA AINNI FAMMII ً WA LISANII ALA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI IBADATIKA
"Ya Alloh semoga Kau memberi kepada cangkemku dan lisanku untuk tetap berdzikir kepada-Mu dan berbuat kebaikan untuk selalu ibadah pada-Mu".

Keterangan:
Kali ini berupa anjuran sebelum kita wudhu membersihkan mulut, bisa dengan sikat/syiwak kalau tidak sempat dengan menyikat, maka bisa dengan memasukan telunjuk tangan kesela-sela gigi baik gigi depan, samping kana dan kiri, serta dalamnya dengan mengocok-ocok air didalam dan mengeluarkannya lagi, dengan tujuan agar kita membersihkan sekitar mulut yang ditakutkan akan tidak khusu dalam sholat serta jadi gangguan dan tidak syahnya sholat kita, misal dengan adanya makanan tersisa didalam jika tidak dibersihkan akan tertelan ketika sholat seolah sholat sambil makan, bisa juga jadi gangguan ketidak nyamanan gigi hingga waktu sholat malah kita ngurusin nyehil, hingga tidak ada khusuan dalam pelaksanaan ibadah sholat. biasanya dan pada umumnya ada sekecil makanan atau benda apapun dalam mulut ini terasa sekali akan ketidaknyamanan pada mulut, memudarkan konsentrasi dalam sholat.

Makanya sepakat ulama piqih dan merupakan sunnah Rosululloh SAW untuk membersihkannya. Untuk bacaannya jika tidak hafal dengan baca syahadat 3 X, tetapi andai bagusnya kita hafal dan berusaha menghafalnya dengan artinya, agar lebih khusu, serta asas dasar niat bukan karena mau sholat, untuk sholat, karena jadi imam dan yang lainnya, semata karena Alloh SWT.

Wallohu A'lam!.

0 comments:

Post a Comment

Informasi Lainnya